RSS

Rasionalisasi permasalahan CPNS lulusan STAN 2011

30 Dec

Penjelasan mengenai proses CPNS untuk lulusan STAN tahun 2011

 

Terhambatnya, tertundanya, atau terkatung-katungnya proses CPNS untuk lulusan STAN tahun 2011 memang disebabkan oleh faktor utama yaitu Moratorium PNS yang diberlakukan sejak 1 September 2011 – 31 Desember 2012 sebagaimana terdapat dalam SKB dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Keuangan. Moratorium ini dilakukan dengan tujuan dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi di seluruh jajaran Kementerian / Lembaga , penataan PNS untuk optimalisasi kinerja sumber daya manusia, dan efisiensi anggaran belanja pegawai.

 

Dalam Pasal 2 ayat 1 huruf a angka 2 SKB tersebut, memang menyatakan adanya pengecualian moratorium tersebut untuk Kementerian yang memiliki lulusan ikatan dinas, termasuk juga lulusan STAN dan juga lulusan sekolah kedinasan lainnya. Lalu mengapa proses CPNS kita bisa tertunda sampai dengan saat ini, padahal jelas ada pengecualian dalam SKB tersebut untuk Kementerian yang memiliki lulusan ikatan dinas? Penjelasannya adalah sebagai berikut:

 

Proses CPNS untuk kita melibatkan beberapa unsur, yaitu Tim Reformasi Birokrasi Nasional (RBN), KemenPAN, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kemenkeu. Prosesnya dimulai dari pengajuan formasi PNS sesuai dengan kebutuhan Kemenkeu kepada Tim RBN dan KemenPAN. Hal tersebut juga dilakukan oleh Kementerian lain yang memiliki lulusan ikatan dinas. Sampai saat ini, Kemenkeu belum juga mendapatkan jadwal presentasi tentang formasi ini dari Tim RBN, artinya belum ada persetujuan dari Tim RBN dan KemenPAN mengenai masalah formasi ini, yang sebenarnya formasi ini merupakan dasar untuk SK CPNS. Hal ini yang membuat sampai saat ini, pengumuman penempatan instansi lulusan STAN 2011 belum bisa diumumkan karena belum ada penetapan dari Tim RBN dan KemenPAN mengenai formasi dari Kemenkeu tersebut, meskipun sebenarnya telah ada format penempatan instansi yang dibuat oleh biro SDM Setjen. Saat ini, Kemenkeu terus berupaya agar proses CPNS lulusan STAN tahun 2011 bisa dilakukan secepatnya. Bahkan waktu itu, Menkeu sempat memberikan instruksi agar lulusan STAN 2011 terhitung mulai tanggal 2 Januari 2012 sudah masuk kantor. Jadi prinsipnya, Kemenkeu saat ini sedang mengusahakan alternatif cara agar proses CPNS untuk lulusan STAN 2011 bisa dilakukan secepatnya. Bisa jadi, hari ini, Jumat 30 Desember 2011 dimumkan penempatan instansi, kemudian kita masuk di unit instansi terlebih dahulu, baru dilakukan pemberkasan. Atau dengan alternatif lain yang nantinya akan diputuskan oleh Kemenkeu. Atau kondisi seburuk-buruknya proses di tim RBN lambat, sehingga proses untuk angkatan kita juga semakin tertunda. Tetapi tertundanya proses untuk angkatan kita akan berimbas juga untuk adik-adik kita, yang akan lulus tahun 2012 dan 2013. Untuk itu berbagai opsi sedang dirapatkan oleh pejabat-pejabat yang berwenang. Sekali lagi, ini ranah Kemenkeu yang tengah mengusahakan proses CPNS secepatnya untuk lulusan STAN 2011. Untuk itu, belum bisa ditentukan waktunya cepat atau lambat, tetapi akan segera diputuskan alternatif mana yang akan dipilih, sehingga nantinya bisa diperkirakan rentang waktu yang dibutuhkan untuk proses CPNS lulusan STAN tahun 2011. Pihak Kemenkeu akan mengambil langkah terbaik, agar tidak terjadi masalah pengangkatan CPNS di kemudian hari.

 

Terkait pelaksanaan psikotest kemarin, hal itu sebenarnya karena KemenPAN meminta agar proses CPNS untuk lulusan STAN harus melalui proses sebagaimana pengadaan PNS sesuai dengan PP yang mengaturnya (PP 11/2002 tentang perubahan PP 98/2000). Yaitu harus diadakannya ujian penerimaan CPNS. Oleh karenanya, Setjen Kemenkeu menyiasati dengan dilakukannya psikotest untuk lulusan STAN 2011, dengan anggapan Tes Potensi Akademik telah dilakukan saat USM STAN, sehingga seluruh jenis ujian penerimaan CPNS sesuai aturan pengadaan PNS telah dilakukan untuk lulusan STAN tahun 2011. Ini juga mungkin yang mendasari keluarnya PMK 215. Mungkin ada yang bertanya, kenapa psikotestnya waktunya baru bulan Desember, padahal wisuda kita di bulan Oktober? Semuanya terkait dengan proses tender pengadaan barang dan jasa yang harus dilakukan dalam waktu 45 hari sesuai dengan aturannya. Pengumuman psikotest dari setjen kemenkeu dilakukan juga lewat Surat dengan kode no. surat  SR (yang artinya surat bersifat rahasia) kepada Kepala BPPK, yang instruksinya meminta STAN dan BDK untuk berkoordinasi dengan Setjen dalam menyelenggarakan psikotest dan pengumuman psikotest itu sendiri menjadi kewajiban pihak STAN dan BDK. Bahkan kemudian, pemberitahuan psikotest untuk kita, dilakukan oleh sekretariat STAN melalui sms kepada tim gabungan spesialisasi. Memang agak janggal dan aneh, tetapi hal tersebut dilakukan agar proses-proses CPNS kita tidak begitu terlihat oleh Kementerian-Kementerian lain. Terlepas dari itu semua, psikotest yang telah dilakukan kemarin tetap menjadi salah satu bahan pertimbangan setjen untuk penempatan instansi, serta menjadi acuan bagi unit instansi masing-masing nantinya.

 

Oleh karena itu, harap teman-teman bisa memahami kondisi ini, tidak bersikap reaktif apalagi represif karena justru dikhawatirkan malah merugikan, serta terus tetap bersabar dan berdoa yang terbaik untuk kita semua. Jangan lupa untuk bersikap kooperatif dengan tim sukses spesialisasinya masing-masing demi kebaikan kita semua. Saat ini, yang perlu dilakukan adalah berkas-berkas harap disiapkan dengan baik, sehingga bila tiba-tiba keluar pengumuman penempatan instansi dan pemberkasan, kita tidak begitu repot lagi, dan pemberkasan kita nanti berjalan dengan baik dan lancar. Sambil menunggu kejelasan lebih lanjut, silakan mengisi waktunya dengan hal-hal yang bermanfaat. Semoga proses CPNS untuk kita bisa segera dilakukan. Aamiin.

 

Kami, Tim Gabungan Spesialisasi, akan terus memfollow up ke pihak Setjen Kemenkeu, dan setiap informasi yang kami terima, akan segera kami beritahukan kepada kawan-kawan semua.

 

Keep hoping and praying guys. Setiap masalah, akan tetap menjadi masalah selama kita tidak bisa mengambil hikmahnya. Mari lakukan yang terbaik sesuai kapasitas yang kita punya.

 

Salam hangat penuh semangat,

a.n. Tim Gabungan Spesialisasi

 

PSAK-TPP-TOP-TKPKN-PANSUS PPLN-KMB

 
Leave a comment

Posted by on December 30, 2011 in pengumuman

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: